Pemkot Pekalongan mengingatkan masyarakat untuk menekan penyebaran berita hoax dengan mengecek sumber informasi sebelum berita itu disebarluaskan lagi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan Sri Budi Santosa, mengatakan bahwa berita hoax rawan menimbulkan keresahan masyarakat sehingga masyarakat perlu mencermati dan menganalisa sebelum disebarluaskan.

“Masyarakat harus jeli melihat dan menganalisa apakah berita itu memiliki situs resmi atau tidak dan apakah berita tersebut memiliki standar pemberitaan,” katanya, Jumat (13/1).

Ia mengimbau orang tua mengawasi putra dan putrinya dalam mengakses internet agar tidak terjebak pada berita bhohong maupun situs yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pemkot sedang gencar menyosialisasikan dan mengajak masyarakat menggunakan internet secara sehat.

Dalam hal ini pemkot akan bekerja sama dengan komunitas untuk menyediakan “website” internet sehat sebagai upaya mendorong dan mengajak masyarakat memanfaatkan internet yang baik dan sehat.
“Dengan pemahaman tentang penggunaan internet sehat maka konten negatif dan berita yang tidak benar atau hoax tidak menimbulkan masyarakat khawatir,” imbuhnya.

Sumber : http://jowonews.com/2017/01/13/pem/